Bergabung Di Forum dan Facebook

Membuat post atau komentar merupakan cara partisipasi dalam berbagai forum dan blog, hal ini merupakan salah satu cara mempromosikan produk dan jasa anda atau menunjukkan bahwa anda mempunyai keahlian khusus yang siap membantu siapa saja yang sedang membutuhkannya. Kita bisa sekali waktu memberi pelayanan gratis untuk menarik konsumen agar mencoba produk dan jasa kita sehingga dikemudian hari dengan harapan pelanggan akan menghubungi kita bila membutuhkannya. Kita harus membuat posting di forum dengan ramah sehingga calon klien tidak segan menghubungi kita. Tidak semua situs forum memperbolehkan kita beriklan di tempat tersebut karena adanya peraturan yang dibuat sebelumnya. Ada beberapa diantaranya bilamana harus membayar dahulu agar bisa beriklan di tempat tersebut.

Daftar email calon pelangan dapat kita list untuk digunakan sebagai email marketing. Selanjutnya kita dapat menyeleksi list email tersebut berdasar pada data dimana kita mendapatkannya dan bisa mengetahui calon pelanggan yang akan kita kirimi email yang berisi proposal penawaran produk kita. Akan tetapi ada sedikit kendala karena hal tersebut bisa dikategorikan spam sehingga kita harus berhati-hati karena hukuman bagi pengirim spam adalah bisa membuat nama baik web kita jatuh dan lebih parah lagi dibanned Google. Untuk itu kita harus berhati-hati dalam mengirim penawaran ke daftar email, kita harus seleksi agar emal tersebut tepat sasaran dan tidak dianggap spam.

Peran media sosial seperti Facebook sebagai tempat mengenalkan produk kita merupakan pilihan yang tepat. Dengan update informasi mengenai produk kita maka akan terjadi komunikasi dua arah sehingga menjadi lebih dekat dengan calon klien. Anda dapat membuat Facebook Page untuk menggambarkan bisnis anda, jangan menggunakan Facebook Profil yang diperuntukkan untuk individu, karena dilarang untuk melakukan bisnis dan bila dilanggar dikawatirkan akun kita akan dibanned oleh Facebook.  Bila kita beriklan di Facebok maka yang harus kita perhatikan adalah dalam melakukan posting dan update status. Kita harus memahami bahwa facebook adalah media sosial dimana kita harus menghormati dan berinteraksi. Walaupun tujuan kita beriklan akan tetapi kita kurang bijaksana bila udate kita dan postingan kita hanya berisi iklan produk kita. Kadangkala kita harus dituntut untuk berinteraksi sosial dengan mereka tanpa muatan bisnis tersebut, sehingga mereka tidak menganggap sebagai dirinya obyek konsumen semata yang menjadi sasaran program marketing produk kita.

Buatlah kuis atau semacam kompetisi kecil dimana anda sebagai penyelenggara akan akan memberikan hadiah yang berupa produk anda misalnya, atau pemenangnya bisa kita ambil minta fotonya sedang menggunakan produk kita dan upload ke page kita. Hal ini lebih baik dan mengenai sasaran dari pada kita mengejar like ,share ataupun tag pada facebook kita.

Tinggalkan komentar